Perbedaan antara Dedicated Server dengan Shared Server

28 July 2013

Web hosting merupakan layanan yang memungkinkan pengguna menempatkan situs web di internet.

Ada tiga jenis web hosting yang dapat dipilih: dedicated server, shared server, dan virtual private server.

Setiap jenis paket menawarkan manfaat teknologi yang berbeda.

Penggunaan

Dedicated server mendedikasikan satu server untuk satu klien, sementara shared server digunakan bersama oleh berbagai situs atau pengguna.

Biaya dan Kapasitas Penyimpanan

Menggunakan shared server berbiaya lebih murah daripada dedicated server. Hal ini dikarenakan pada paket shared server, biaya ditanggung bersama oleh beberapa pengguna.

Namun, shared server menawarkan kapasitas penyimpanan disk, bandwidth, dan stabilitas situs yang kurang dibandingkan dedicated server.

Karena digunakan oleh hanya satu pelanggan, dedicated server memiliki banyak ruang untuk dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Pengelolaan

Pada shared server, pelanggan tidak bertanggung jawab atau diharuskan mengelola server sehingga tidak perlu melakukan hal apapun.

Keamanan website juga dikelola oleh penyedia layanan. Biaya perangkat keras, seperti server, router dan firewall, semua dikelola oleh penyedia layanan.

Sedangkan pada dedicated server, penyedia layanan mengelola kinerja server dan backup data, namun pelanggan bertanggung jawab perihal aplikasi web apa yang hendak digunakan.

IP Address

Dedicated server memiliki satu IP address ditujukan untuk satu pelanggan, sedangkan pada shared server beberapa pelanggan menggunakan IP address yang sama.

Search engine melihat situs berdasarkan IP address, bukan URL. Jadi jika mesin pencari mem-banned satu situs yang merupakan bagian dari shared server, situs Anda mungkin juga akan terpengaruh.


Sumber : Jasa Pembuatan Website dan Sistem Informasi http://klatenweb.com
Selengkapnya : http://klatenweb.com/read/2013/07/28/1024/Perbedaan-antara-Dedicated-Server-dengan-Shared-Server.html