Twitter akan dapat diakses tanpa koneksi internet

9 December 2013

Jejaring sosial Twitter akan menyediakan layanannya dapat diakses tanpa koneksi internet. Namun, layanan Twitter tanpa koneksi internet itu hanya akan tersedia di perangkat ponsel.



Untuk merealisasikan hal itu, Twitter bekerjasama dengan perusahaan U2opia Mobile asal Singapura. Pendiri dan CEO U2opia Mobile, Sumesh Menon mengatakan, layanan Twitter tanpa koneksi internet itu akan hadir pada kuartal pertama 2014.

Menurutnya, hal itu akan membantu pengguna di negara berkembang yang belum menikmati akses internet agar dapat menggunakan Twitter. “Delapan dari sepuluh orang di pasar negara berkembang belum mengakses data di ponsel mereka,” kata Menon seperti dikutip dari Reuters.

Twitter tanpa koneksi internet nantinya akan berjalan via Fonetwish, sebuah layanan yang dikembangkan oleh U2opia Mobile.

Fonetwish dibangun menggunakan protokol komunikasi Unstructured Supplementary Service Data (USSD). Namun, Fonetwish hanya menyediakan layanan berbasis teks, ia tidak memungkinkan pengguna melihat gambar atau video.

Menon menjelaskan, nantinya pengguna hanya perlu mengirim kode sederhana dari ponsel untuk menggunakan Twitter tanpa koneksi internet. Pengguna akan menerima konten teks terbaru di lini massa.

Layanan ini akan hadir di 30 negara berkembang yang menyediakan tujuh bahasa. Konten yang muncul disesuaikan dengan lokasi pengguna.

Sebelumnya, U2opia Mobile pernah menjalin kerjasama dengan Facebook untuk meluncurkan aplikasi Facebook tanpa koneksi internet. Aplikasi itu diberi nama Facebook for USSD dan cara mengoperasikannya dapat dilihat pada tautan ini.


Sumber : Jasa Pembuatan Website, Siakad, Simpeg dan SIM Rumah Sakit https://klatenweb.com
Selengkapnya : http://klatenweb.com/read/2013/12/09/1057/Twitter-akan-dapat-diakses-tanpa-koneksi-internet.html