Membuat toko online dengan Facebook Page

12 September 2015

Tingginya tren belanja online baik lewat PC maupun smartphone membuat Facebook merombak tampilan layanan Facebook Page menjadi lebih seperti situs e-commerce dengan menambah tab belanja (Shopping).



Perombakan halaman ini menjadi yang paling radikal dilakukan Facebook sejak tahun 2012 lalu.

Lewat tab Services dan Shop, pemilik halaman kini bisa menampilkan produk dan layanan mereka di Facebook Page. Facebook juga menambah tombol "Buy" atau Beli sehingga pengunjung bisa berbelanja tanpa harus beralih ke aplikasi lain.

Facebook juga saat ini sedang menguji tombol Buy yang terhubung dengan situs e-commerce di luar Page.

"Membuat situs e-commerce mobile yang bagus itu mahal untuk sebagian UKM, karena itu Facebook membuatkannya utnuk mereka dan bisa dipakai secara gratis," terang CEO Facebook Sheryl Sandberg.

Alih-alih harus membuat mobile website sendiri, Facebook ingin para pelaku UKM mengandalkan Facebook Page. Saat ini, Facebook mengklaim sudah ada 45 juta UKM yang menggunakan layanan Facebook Page itu.

Strategi yang dipakai Facebook ini mirip dengan strategi layanan pesan instan WeChat di China. Pelaku bisnis tak perlu membuat aplikasi mereka sendiri, melainkan tinggal membuat akun resmi yang bisa diikuti pengguna dan melakukan transaksi jual beli. 

Halaman Facebook Page bisa dimiliki secara gratis. Facebook tidak menampik bahwa dengan semakin banyak pengguna Facebook Page, maka semakin tinggi  pula penjualan iklan di Facebook.

"Secara potensial iya (meningkatkan iklan di Facebook), saya setuju itu," ujar Benji Shomair, Product Marketing Director Facebook Pages.


Sumber : Jasa Pembuatan Website dan Sistem Informasi http://klatenweb.com
Selengkapnya : http://klatenweb.com/read/2015/09/12/1143/Membuat-toko-online-dengan-Facebook-Page.html