Cara membuat variabel session pada PHP

23 October 2015

Passing variable itu sendiri memiliki arti melewatkan suatu variable. Untuk kali ini penulis hanya menjelaskan bagaimana melewatkan variable yang berbeda halaman.
Melewatkan variable yang berbeda halaman seperti ini biasanya diimplementasikan dalam sekuritas sebuah halaman. Boleh atau tidaknya suatu halaman diakses tergantung dari belum atau sudahnya suatu variable diregisterkan. Contoh nyatanya yaitu ketika seorang admin melakukan login dengan username dan password yang benar, maka akan diregisterkan sebuah variable yang nantinya digunakan sebagai key. Pengaksesan halaman lain memerlukan key yang dihasilkan dari login tersebut. Apabila didapatkan situasi ketika user belum login, maka halaman yang memerlukan variable yang diregisterkan ( dalam hal ini key ) akan melakukan redirect ke halaman lain yang memerintahkan user untuk melakukan kembali proses login dengan benar. Resminya hal seperti ini dapat dilakukan dengan 2 metode. Pertama menggunakan session dan yang kedua menggunakan cookies. Masing-masing memiliki kelemahan dan juga kelebihannya. Namun untuk artikel kali ini penulis hanya menjelaskan yang session saja.

 

Session merupakan sebuah metode yang dapat melewatkan suatu variable meskipun berbeda halaman. Session yang diregisterkan akan tetap ada sampai si user menutup browsernya. Sebagai contoh sederhananya, buat satu halaman dengan nama session.php kemudian registerkan sebuah variable :

session_start();
$_SESSION[‘lewat’] = 1; 

Kemudian buat sebuah file lagi dengan nama anotherpage.php :

session_start();
echo $_SESSION[‘lewat’] ;

Anda buka halaman session.php terlebih dahulu, selanjutnya buka halaman anotherpage.php. Hasilnya :

1

Ini terjadi karena dalam file session.php telah diregisterkan sebuah variable session dengan nama lewat. Seperti pada baris ini

$_SESSION[‘lewat’] = 1;


Sumber : Jasa Pembuatan Website dan Sistem Informasi http://klatenweb.com
Selengkapnya : http://klatenweb.com/read/2015/10/23/1158/Cara-membuat-variabel-session-pada-PHP.html