Notifikasi untuk pengguna Twitter akan serangan hacker

16 December 2015

Setidaknya ada 11 orang pengguna Twitter yang mendapatkan notifikasi mengenai serangan cyber dari negara tertentu. Mereka antara lain berprofesi sebagai peneliti, ahli keamanan dan seorang organisasi yang bergelut di bidang privasi.

Bentuk peringatan itu berupa sebuah email yang dikirimkan pada Jumat lalu, pukul 5.30 waktu Eropa atau sekitar 17.30 waktu Indonesia Barat. Selain e-mail, tak ada benang merah terkait antara orang-orang tersebut.

"Sebagai tindakan pencegahan, kami memperingatkan bahwa akun Twitter Anda adalah satu dari sejumlah kecil akun yang kemungkinan menjadi target serangan dari negara tertentu," tulis e-mail peringatan tersebut.

"Kami yakin penyerang ini ( yang bisa jadi terkait dengan pemerintah negara tertentu) berusaha mendapatkan informasi seperti alamat email, alamat IP serta nomot telepon. ini adalah pertama kalinya sistem peringatan milik Twitter bekerja. Dan seperti yang dijelaskan dalam email notifikasi itu, akun mereka masih belum diambil alih, namun terjadi kebocoran sejumlah informasi.

Twitter sendiri tidak memberikan informasi lebih detil, selain email notifikasi tersebut.

Sekadar diketahui, Facebook dan Google pun memiliki sistem peringatan darurat serupa. Facebook meluncurkannya pada Oktober lalu dan sistemnya dengan mudah menemukan serangan cyber pada para pekerja departemen pemerintahan.

Walau kesannya sepele, serangan terhadap media sosial sebenarnya berbahaya. Satu akses ke satu akun media sosial bisa membuka jalan untuk serangan ke berbagai lini komunikasi seseorang.


Sumber : Jasa Pembuatan Website dan Sistem Informasi http://klatenweb.com
Selengkapnya : http://klatenweb.com/read/2015/12/16/1169/Notifikasi-untuk-pengguna-Twitter-akan-serangan-hacker.html