Hati-hati Whatsapp anda bisa di Hack, begini cara mencegahnya

22 October 2017

Whatsapp adalah aplikasi yang paling populer di antara sekian banyak aplikasi messaging yang tersedia untuk perangkat mobile saat ini. Tapi, dibalik kepopulerannya, ternyata Whatsapp juga rentan akan serangan dari para hacker.

Sebagai salah satu apalikasi paling populer saat ini, WhatsApp juga tak luput dari incaran para dedemit dunia maya. Para hacker dengan mudahnya dapat meretas akun Whatsapp Anda lewat beberapa cara.

Nah, ingin tahu bagaimana biasannya para hacker beraksi dan dan bagaimana mencegahnya? Simak tipsnya berikut ini:

1. Meretas lewat konfirmasi SMS OTP

Kita tidak dapat menggunakan Whatsapp jika belum melakukan konfirmasi SMS OTP (one time password). SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang berlaku hanya untuk 1 (satu) kali pemakaian. OTP akan dikirim via SMS pengguna. Nah, lewat celah inilah para hacker hanya tinggal mengakses SMS Anda dengan menggunakan aplikasi spyware.

Whatsapp confirm through sms

Bagaimana cara mencegahnya?

2. Meretas dari panggilan Whatsapp

Hacker memang selalu mencoba berbagai cara untuk melakukan peretasan. Salah satunya lewat konfirmasi akun Whatsapp menggunakan panggilan Whatsapp. Hackeryang menggunakan cara ini, hanya membutuhkan 15 detik saja untuk dapat meretas akun Whatsapp Anda.

Whatsapp confirm from call

Cara pencegahannya: Install Incoming Call Lock yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunci panggilan masuk.

3. Meretas dengan aplikasi Monitor dan Spy

Saat ini, di Internet banyak sekali aplikasi Spy dan Parental yang tersedia untuk Android. Jika teman atau keluarga Anda menggunakan aplikasi ini, berhati-hatilah, karena para hacker akan dengan mudah membaca isi Whatsapp dari mana saja.

Monitor Whatsapp Android App

Cara pencegahan:

4. Meretas dengan Extract pesan Whatsapp

Hacker memiliki cara lain untuk dapat membaca pesan Whatsapp Anda. Caranya adalah mengambil hasil backup pesan WhatsApp dan mengirimkannya ke email mereka dengan format text. Hacker akan dengan mudah membaca pesan Anda hanya dalam beberapa detik saja.

Email Backup in Whatsapp Messenger

Email Backup in Whatsapp Messenger

Cara pencegahan:

5. Mengontrol ponsel

Mengakses Android dengan menggunakan device lain saat ini memang sangat mudah, contohnya Airdroid atau Teamviewer Quick Support. Jika hacker dapat menggunakan aplikasinya dengan baik dan dengan metode yang tepat, mereka akan dengan mudah mengontrol ponsel Anda kapanpun dan dimanapun.

http://www.prophethacker.com/wp-content/uploads/2015/11/Screen-Shot-2015-11-13-at-2.54.08-pm_11_13_20151.jpg

Cara pencegahan:

6. Whatsapp Web

WhatsApp Web merupakan fitur teranyar dari Whatsapp. Anda dapat mengakses Whatsapp dengan menggunakan PC. Caranya harus lebih dulu melakukan scan codeQR dari ponsel. Nah, biasanya hacker yang bisa meretas Whatsapp adalah teman atau kolega yang sering memakai ponsel Anda. Nah, berhati-hatilah karena bisa saja mereka menggunakan ponsel Anda untuk dapat mengakses Whatsapp web menggunakan akun Whatsapp Anda.

Whatsapp Web Logs

Cara pencegahan:

Cek jika terdapat log in yang tidak Anda ketahui dari Whatsapp Web di aplikasi WhatsApp via ponsel. Lakukan log out untuk semua perangkat (log out from all computers), seperti terlihat pada gambar di atas.


Sumber : Jasa Pembuatan Website dan Sistem Informasi http://klatenweb.com
Selengkapnya : http://klatenweb.com/read/2017/10/22/1211/Hati-hati-Whatsapp-anda-bisa-di-Hack,-begini-cara-mencegahnya.html