Cara Memilih Mesin Absensi Sidik Jari Yang Tepat

22 February 2013

Anda bingung untuk memilih mesin absensi sidik jari? Tidak perlu khawatir!!!. Memang untuk memilih mesin absensi sidik jari gampang-gampang susah, karena teknologi biometrik memang belum begitu dikenal di kalangan masyarakat kita. Berikut beberapa tips untuk memilih absensi sidik jari :

1. Spesifikasi Mesin Absensi Sidik Jari Harus Sesuai Dengan Kebutuhan Absensi Karyawan Di Kantor Anda

Anda tidak perlu membayar lebih untuk spesifikasi mesin absensi sidik jari yang tidak dibutuhkan di kantor Anda. Beberapa spesifikasi yang bisa Anda perhatikan, adalah :

a. Kapasitas

Kapasitas ini meliputi jumlah user, jumlah sidik jari, jumlah kartu maupun daya tampung data absensi. Jika karyawan Anda hanya berjumlah 50 orang, Anda tidak perlu membeli alat absensi sidik jari dengan kapasitas user sampai 50.000 user. Jumlah daya tampung data absensi juga penting untuk Anda perhatikan. Hal ini untuk berjaga-jaga kapan anda harus menghapus data tersebut dari mesin. Karena untuk

tipe mesin standalone, jika log capacity-nya sudah penuh, data absensi tidak bisa disimpan di mesin lagi

b. Kualitas Sensor
Untuk menilai kualitas sensor ini agak sulit, tapi Anda bisa mengecek melalui fisiknya, apakah tahan gores atau masih dilapisi silikon yang rentan untuk dirusak oleh user. Kecepatan baca juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kecepatan yang baik harus kurang dari 1 detik.
Beberapa parameter pengukuran mesin absensi sidik jari seperti FAR, FRR, FER, FCR dan lain-lain bisa diperhatikan. Anda coba untuk registrasi dalam berbagai posisi, jika mesin masih menerima satu jari dengan posisi yang berbeda, sebaiknya Anda memilih mesin yang lain.

c. Komunikasi
Ada banyak fasilitas komunikasi pada mesin absensi sidik jari. Seperti TCP/IP, RS232, RS485, Wiegand, Wifi, USB Kabel, maupun menggunakan Usb Flashdisk atau bahkan support diakses dari internet. Semakin banyak fasilitas semakin bagus, tetapi harus disesuikan kebutuhan Anda karena semakin banyak fasilitas komunikasi, harga mesin absensi sidik jari juga akan semakin mahal.

d. Acess Control Support
Anda bisa memilih mesin absensi sidik jari yang juga bisa difungsikan sebagai alat akses kontrol pintu. Tetapi jika hanya untuk absensi saja, maka fasilitas ini diabaikan saja, karena dengan adanya fasilitas ini menyebabkan harganya lebih mahal.

2. Software
Software juga merupakan unsur yang sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa Mesin Absensi Sidik Jari telah dilengkapi dengan software yang cukup lengkap seperti laporan rekap harian dan bulanan. Software ini dapat berupa aplikasi desktop yang dapat dijalankan pada local komputer. Beberapa Mesin Absensi Sidik Jari ada pula yang dilengkapi Aplikasi Reporting Berbasis Web yang memungkinkan pengguna mengakses software lewat network local maupun internet.

3. Anggaran Keuangan
Sebelum membeli lihat dulu anggaran pembelian mesin absensi anda. Harga mesin absensi bermacam-macam. Mulai dari 1jutaan bahkan sampai puluhan juta tergantung fiturnya.

4. Layanan Purna Jual
Carilah vendor penjual mesin absensi sidik jari yang memberikan layanan purna jual yang baik. Baik berupa garansi alat maupun kesediaan training penggunaan alat. Banyak sekali orang yang akhirnya tidak bisa memaksimalkan fungsi absensi sidik jari karena tidak fasilitas training dari vendor.

 Jasa pembuatan absensi sidik jari fingerprint berbasis web :
1. Harga Rp. 5 juta.
2. Website Utama dan Rekap Pelaporan Absensi.
3. Domain dan Hosting.
4. Alat fingerprint berbasis web.

Harga diatas tidak termasuk :
1. Jasa Instalasi alat (karena sudah ada petunjuk instalasi), free bantuan via HP, Email dan YM.
Jika ingin mendatangkan teknisi dari kami dikenakanj biaya sesuai ketentuan.
2. Harga diatas untuk paket standar, jika ingin custom maka dikenakan biaya tambahan sesuai kesepakatan.
3. Tidak termasuk training karena sudah ada buku manualnya.

Hubungi :
Hari Pratomo
HP : 08175499076
Email : admin@klatenweb.com


Sumber : Jasa Pembuatan Website, Siakad, Simpeg dan SIM Rumah Sakit https://klatenweb.com
Selengkapnya : http://klatenweb.com/read/2013/02/22/997/Cara-Memilih-Mesin-Absensi-Sidik-Jari-Yang-Tepat.html